Iklan Bos Aca Header Detail

Khaidarmansyah Tak Lelah Membaca Buku

Khaidarmansyah Tak Lelah Membaca Buku

SEGUDANG aktivitas tak menyurutkan Dr. Khaidarmansyah dalam mengabdi untuk bangsa. Setidaknya, ada dua rutinitas utama pria asli Padang ini. Selain menjadi aparatur sipil negara. Dia pun sebagai dosen dibeberapa perguruan tinggi swasta di Lampung.

Dia mengaku beruntung mendapatkan kepercayaan dari Gubernur Lampung kala itu, sebagai seorang ASN yang memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi S-2 dan S-3. Selama enam tahun, sejak 1993 hingga 1999.

Hobinya membaca buku menjadi sebuah kebutuhan dalam hidupnya. Terkadang, orang lebih memilih tidak menyibukan diri membaca buku. Baginya, buku adalah pedoman mencapai pengetahuan dan memperluas wawasan.

\"Kalau saya membaca menjadi sebuah kebutuhan. Sehingga, apapun perubahan peraturan, sistem dan segala informasi yang baru kita bisa tahu,\" ujarnya.

Adapun kebiasaan membaca itu, dia terapkan pada waktu-waktu senggang. Seperti sebelum tidur atau waktu senggang di kantor. Buku yang dibaca pun bermacam-macam, antara lain seputar manajemen, hasil penelitian, peraturan-peraturan ataupun jenis buku lain yang enak dibaca.

Namun, diakuinya juga, jenis buku fiksi dan sastra kurang diminatinya. Dia lebih berminat kepada buku-buku ilmiah. Sejalan dengan aktivitasnya sehari-hari yang menjalankan beberapa peran penting, selain sebagai ASN juga dosen.

Menurutnya, kedua peran penting yang diembannya itu, menjadi pilihan hidupnya. Ilmu yang dimiliki hingga bergelar doktor, disalurkannya ke generasi pascasarjana. Kini, ada dua kampus tempat dia mengajari mahasiswa.

Pertama, menjadi dosen magister manajemen IIB Darmajaya -mengajar matakuliah manajemen SDM dan sistem pengendalian manajemen. Kedua, dosen pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro -matakuliah sistem manajemen pendidikan.

\"Ya, kita harus bisa membagi tugas, pekerjaan utama mengabdi sebagai PNS dan menjadi dosen diwaktu malam atau sabtu,\" imbuhnya.

Tak dipungkiri, padatnya kegiatan yang dia jalani, terkadang harus lembur dan bekerja dalam tekanan. Manajemen waktu harus disusun sedemikian rupa dengan baik. Berupa agenda kerja rutin.

Rutinitasnya pun sehari-hari, dilakukan secara teratur dimulai dengan ibadah, olahraga pagi, kumpul bersama keluarga.

DIPERCAYA PENUGASAN DI LUAR NEGERI

Dengan segudang pengetahuan dan keilmuannya. Anak keenam dari delapan saudara ini, selalu mendapat kepercayaan dari pimpinan, salahsatunya penugasan ke luar negeri dalam menghadiri undangan dan forum-forum keilmuan.

Seperti menghadiri konferensi kota sehat di Australia, mendampingi walikota Metro kala itu ke Jepang dalam rangka kerjasama pengeloaan SDM, konferensi di Korea Selatan mewakili Kota Bandarlampung sebagai kota hak asasi manusia dan pelaksanaan SDg, dan banyak penugasan luar negeri lainnya.

Baginya, kepercayaan ini menjadikannya terus mengasah ilmu dan semangat dalam mengabdi untuk bangsa dan negara Indonesia. (apr/yud)

BIODATA PRIBADI Nama : Dr. Khaidarmansyah, S.H.,M.Pd. TTL: Padang, 15 Oktober 1963 Agama : Islam Alamat Rumah : Jl. Pulau Lingga I No. 10 Sukarame Bandarlampung

PENDIDIKAN Sarjana Hukum (S1) Jurusan Hukum Tata Negara dari Universitas Andalas Padang Sumatera Barat, Tahun 1987 Magister Pendidikan (S2) Jurusan Administrasi Pendidikan dari IKIP Jakarta, Tahun 1995 Program Doktor (S3) Jurusan Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Tahun 1999

RIWAYAT JABATAN : 1990: BP-7 Provinsi Lampung 2000: Badan Diklat Provinsi Lampung 2001-2010: Kabid Pengembangan Pegawai BKD Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Agustus 2010-Februari 2012: Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro Februari 2012-Agustus 2015: Kepala Bappeda Kota Metro Agustus 2015-Januari 2017: Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Metro, Plt. Sekda Kota Metro April 2018 s.d Sekarang, Kepala Bappeda Kota Bandarlampung

Dosen Tidak tetap pada Universitas Krida Wacana Jakarta (Tahun 1996 – 1999) Dosen Tidak Tetap pada Universitas Negeri Tulang Bawang (Tahun 2000 – 2003) Widyaiswara Luar Biasa pada Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung (Tahun 2001 s/d 2008) Koordinator Pokja Restrukturisasi Organisasi dan SDM Provincial Health Project (PHP I) Provinsi Lampung (2001-2005) Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Lampung (2002-2005) Ketua Litbang Dewan Kesenian Lampung (2006-2011) Pembina Dewan Kesenian Lampung (2011 s/d 2016) Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro (2016-2017)

Kunjungan Luar Negeri (Seminar, Konferensi dan Kunjungan Kerja) : Melbourne, Australia Sydney, Australia Brisbane, Australia Hong Kong Jepang Thailand Malaysia Singapura Gwangju, Korea Selatan

KELUARGA Istri : dr. Toki Himawati, MARS Anak : 1. Dhani Aditya, ST 2. Dwinta Anggraini, S.Ked 3. Muhammad Firnanda Hilman Menantu : Triyana Heriyadi, ST Cucu : Keisha Adeeva Aditya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: